Sea Games XXVI 2011

Pesta Olahraga Asia Tenggara 2011 (bahasa InggrisSouth East Asian Games 2011 disingkat SEA Games 2011) merupakan Pesta Olahraga Asia Tenggara yang diselenggarakan di selama 12 Hari diJakarta dan PalembangIndonesia, pada 1122 November 2011.

Jakarta sudah pernah menyelenggarakan SEA Games 3 kali, yaitu pada tahun 19791987, dan 1997. Palembang akan menjadi kota ketiga yang menyelenggarakan SEA Games di luar ibu kota negara setelahChiang Mai dan Nakhon RatchasimaThailand.

Juara umum Pesta Olahraga Asia Tenggara 2011 ke-26 adalah Indonesia.

Panitia penyelenggara

Stadion Sriwijaya Tempat Pembukaan Sea Games 2011.

Jakabaring Aquatic Center, ajang cabang olahraga renang dan loncat indah di Palembang

Lumban Tirta Swimming Pool Palembang.

GOR Ciracas Pasar Rebo untuk cabang olahragaKempo.

Britama Sport Kelapa Gading untuk cabang olahragaBola Basket.

Indonesia South East Asian Games Organizing Committee, atau INASOC, merupakan panitia penyelenggara ajang ini. Badan ini juga menjadi panitia penyelenggara untuk ASEAN ParaGames 2011. Ketua Umum INASOC dijabat oleh Rita Subowo, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, dan Rachmat Gobel, seorang pengusaha Indonesia dan Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia, menjabat sebagai Direktur Jenderal.

Biaya

Dari APBN Indonesia 2010, dianggarkan total biaya sebesar 350 miliar rupiah (± 38,7 juta dolar AS), sementara dari APBNIndonesia 2011 dianggarkan total biaya senilai 2,1 triliun rupiah (± 230 juta dolar AS).

Menurut MenporaAndi MallarangengPemerintah Indonesia menambah anggaran senilai 1 triliun rupiah (± 110 juta dolar AS) dari APBN termasuk 600 miliar rupiah dari anggaran untuk sektor pendidikan, dan sumbangan dana dari sponsor.

Tuan rumah

Palembang sendiri dipilih menjadi tuan rumah utama SEA Games XXVI berdasarkan keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menilai atas Palembang merupakan kota yang paling bersemangat dengan disertai kesiapan fasilitas gelanggang olahraganya.

Pada awalnya pemerintah mengumumkan bahwa SEA Games 2011 akan digelar di empat provinsi, yakni Jawa BaratJawa TengahJakarta, dan Sumatera SelatanBandung dan Semarang dipilih menjadi nominasi tuan rumah SEA Games 2011 menyusul janji Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla ketika pemilihan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2012. Namun, untuk mengoptimalkan pelaksanaannya, Ketua KOI dan KONIRita Subowo, menunjuk 2 kota lain, yaitu Jakarta danPalembang sebagai supporting hosts. Akan tetapi gagasan penyelenggaraan di empat provinsi ini akhirnya ditinggalkan, dan tuan rumah diberikan hanya kepada Palembang dan Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menyarankan dua provinsi cukup untuk menggelar SEA Games 2011 Indonesia, dengan alasan untuk mengurangi biaya operasional, serta mempermudah koordinasi penyelenggaraan.

Tempat penyelenggaraan

Venue di Palembang

Venue Olahraga
Gedung Serbaguna Dempo Senam (aerobik)
Kompleks Olahraga Dempo Angkat beban
Gedung Serbaguna Jakabaring Gulat
Kompleks Olahraga Jakabaring Akuatik (renang, selam, renang indah), atletik,
bisbol, finswimming, pétanque, sepatu roda, menembak, sofbol,
tenis, soft tennis, voli pantai, panjat tebing, ski air
Jakabaring Billiard Arena Billiar dan snooker
Hotel Jayakarta Catur
Lumban Tirta Arena Akuatik (polo air)
Ranau Gymnastic Hall Senam (artistik dan ritmik)
SPC Jakabaring Sepak takraw
Hotel Swarna Dwipa Bridge
Universitas Sriwijaya Tinju, voli (indoor)

Venue di Jakarta

Padepokan Pencak Silat

Venue Olahraga
Ancol Balap sepeda (BMX)
Arthayasa Stables and Country Club Berkuda
Bowling Jaya Ancol Boling
Gelanggang Remaja Tanjung Priok Vovinam
Gelora Bung Karno Sepak bola
Gunung Mas Paralayang
Gunung Pancar Balap sepeda (MTB)
Jagorawi Country Club Golf , Lawn bowls
Danau Cipule Kano/kayak, dayung, perahu naga
Stadion Lebak Bulus Sepak bola
Kelapa Gading Judo Center Judo
Kelapa Gading Sports Mall Bola basket
Padepokan Pencak Silat Pencak silat
POPKI Sport Hall Futsal, Taekwondo
Pulau Putri Akuatik (renang terbuka)
Istora Senayan, Lapangan ABC, Tennis Indoor Panahan, bulu tangkis, karate, wushu
Stadion Soemantri Brodjonegoro Tenis meja
Subang Road Balap sepeda (road race)
Universitas Indonesia Anggar
Velodrome Rawamangun Balap sepeda (track)

Wisma atlet

Jakabaring, Palembang akan menampung seluruh atlet dari 11 negara peserta di wisma atlet seluas 45.000 meter persegi. Letak wisma atlet ini tepat di depan GOR Jakabaring

Lagu dan slogan

Lagu resmi Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-26 pada tahun 2011 adalah :

Kedua lagu tersebut diciptakan oleh Yovie Widianto. Pada lagu Kita Bisa ditampilkan penyanyi dan para atlet-atlet Indonesia yang bertanding dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-26. Pada acara penutupan SEA Games, Lala Karmela akan menyanyikan kedua lagu ini sebelum obor dimatikan.

Pada pembukaan acara SEA Games, para penyanyi ASEAN seperti Agnes MonicaJaclyn Victor dan KC Concepcionmenyanyikan lagu “Together We Will Shine” yang di aransemen oleh Addie MS dari lagu yang diciptakan oleh Jozef Cleber.[7] [8]

Slogan Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-26 pada tahun 2011 adalah United & Rising (Bersatu & Bangkit).

Logo

Logo resmi SEA Games 2011 adalah guratan-guratan yang menyerupai burung garuda, lambang negara Indonesia

Logo SEA Games 2011 adalah burung Garuda yang juga merupakan lambang negara Indonesia.[9] Garuda secara fisik melambangkan kekuatan dan kepak sayapnya mempresentasikan kemegahan dan kejayaan. Tarikan guratan hijau berbentuk gunung melambangkan alam pegunungan Indonesia dan di bagian bawah guratan gelombang berwarna biru melambangkan samuderanusantara. Warna merah di kepalanya melambangkan keberanian dan semangat membara untuk memberikan hasil yang terbaik bagi bangsa. [10] Disamping itu, burung Garuda di ranah Global dikenal secara luas dan langsung terasosiasikan dengan Indonesia. Logo ini diperkenalkan dalam Pertemuan Menteri dalam Rangka Persiapan SEA Games di Jakarta3 Desember 2010[11] dan diluncurkan tepat 300 hari sebelum SEA Games XXVI, 15 Januari 2011 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah.[12]

Maskot

Maskot SEA Games 2011 ‘Modo dan Modi’

Maskot Modo dan Modi di ajang SEA Games

Maskot resmi SEA Games 2011 ini adalah Modo dan Modi, sepasang komodo. Maskot ini diadopsi dari binatang komodo sebagai hewan purba endemik kebanggaan Indonesia, yang terdapat di Taman Nasional Komodo, meliputi pulau Komodopulau Rinca, danpulau PadarNusa Tenggara Timur. Modo adalah komodo jantan yang mengenakan kostum tradisional Indonesia berwarna biru dengan selempang sarung batik. Sementara, Modi adalah komodo betina yang mengenakan kebaya merah juga dengan selendang dan kain batik. “Modo” adalah singkat dari nama Komodo, sementara “Modo-Modi” adalah ejaan modifikasi dari Muda-Mudi yang berarti “pemuda-pemudi”, dalam bahasa Indonesia yang berarti remaja-remaja Indonesia. Modo dan Modi ini mempunyai sifat pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat, dan sportif. Sifat Modo dan Modi yang serba positif dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia ini diharapkan dapat melestarikan keharmonisan kerjasama dan persahabatan sesama negara peserta SEA Games. Maskot ini telah diperkenalkan tepat 200 hari sebelum SEA Games XXVI yaitu pada hari Senin, 25 April 2011 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, dan di Monumen Selamat Datang di Jakarta Pusat.

Sebelumnya, pemerintah Palembang telah memilih gajah sumatera sebagai maskot melalui sebuah sayembara terbuka, tapi ada saran dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan KONI untuk menggunakan burung Rajawali. Setelah terpilihnya komodo, maka gagasan maskot gajah sumatera maupun rajawali disingkirkan. Keputusan untuk memilih Komodo sebagai maskot SEA Games 2011 ini, dipilih sebagai upaya Indonesia untuk mempromosikan Taman Nasional Komodo sebagai kandidat Tujuh Keajaiban Alam Dunia.

Kebijakan lingkungan

Pemerintah Sumatera Selatan menjanjikan penyelenggaraan SEA Games yang berwawasan lingkungan dan bebas rokok.

Sponsor :

   Sponsor utama

   Sponsor

Penyelenggaraan

Hitung mundur

Pada tanggal 10 November 2010 di Palembang, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia memulai hitung mundur satu tahun menuju SEA Games 2011. Acara pembukaan sendiri akan digelar pada tanggal 11 November 2011. Tanggal ini dipilih karena keunikan angkanya yang semuanya menunjukkan angka sebelas: 11-11-2011.

Upacara pembukaan dan penutupan

Atlet tuan rumah Indonesia tengah melakukan defile di depan podium kehormatan saat acara pembukaan SEA Games 2011, di Palembang Jumat 11-11-2011. Stadion Gelora Sriwijaya Palembang.

Upacara pembukaan dilaksanakan di Stadion Gelora Sriwijaya, pada 11 November 2011 malam hari. Upacara penutupan juga akan dilaksanakan di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang. Palembang menyelenggarakan 21 cabang olahraga dari total 44 cabang olahraga.

Cabang olahraga

SEA Games 2011 akan mempertandingkan berbagai nomor lomba dari 44 cabang olahraga.

Cabang olahraga eksibisi:

1 – bukan cabang olahraga Olimpiade resmi
2 – cabang olahraga yang hanya dipertandingkan di SEA Games
3 – bukan cabang olahraga Olimpiade atau SEA Games tradisional dan dipertandingkan hanya oleh negara tuan rumah.
o – bekas cabang olahraga Olimpiade resmi, tidak diselenggarakan di negara-negara tuan rumah sebelumnya dan dipertandingkan hanya oleh negara tuan rumah.
h – cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di edisi sebelumnya dan dipertandingkan kembali oleh negara tuan rumah.

Negara peserta

Tuan rumah

Negara Atlet Ofisial Referensi
Kode IOC Nama Pria Wanita Jumlah Pria Wanita Jumlah
BRU  Brunei (BRU)
PHI  Filipina (PHI) 512 140 [20]
INA  Indonesia (INA) 1059 393 [21]
CAM  Kamboja (CAM) 135 28 163 63 4 67 [22]
LAO  Laos (LAO)
MAS  Malaysia (MAS) 891 [23]
MYA  Myanmar (MYA) 282 195 477 179 67 246 [24]
SIN  Singapura (SIN) 417 206 [25]
THA  Thailand (THA) 882 338 [26]
TLS  Timor Leste (TLS)
VIE  Vietnam (VIE) 608 260
Jumlah

Perolehan medali

MEDALTALLY
NO COUNTRY gold silver bronze SUM
1 INA 182 151 145 478
2 THA 109 100 119 328
3 VIE 96 92 99 287
4 MAS 59 50 81 190
5 SIN 42 45 73 160
6 PHI 36 56 78 170
7 MYA 16 27 39 82
8 LAO 9 12 36 57
9 CAM 4 11 24 39
10 TLS 1 1 6 8
11 BRU 0 4 7 11
TOTAL 554 549 707 1810

Kasus Korupsi Wisma Atlet SEA Games

Masalah pembahasan dan penetapan anggaran pembangunan wisma atlet di Palembang adalah keputusan resmi Komisi X DPR RI. Kasus suap wisma atlet SEA Games di Palembang, mau tidak mau menyeret Komisi X. Kebijakan seputar keuangan SEA Games 2011 memang diputuskan di Komisi X.

Rapat Kerja antara Komisi X DPR RI dengan Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 20 Januari 2010 menyimpulkan bahwa Komisi X DPR RI dan Pemerintah sepakat membentuk Panitia Kerja (Panja) SEA Games dan Para Games 2011. Tercapainya tri sukses penyelenggaraan SEA Games dan ASEAN Para Games 2011 menjadi ruang lingkup tugas panja ini. Yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses ekonomi.

Panja ini diketuai oleh Ketua Komisi X Mahyuddin. Anggotanya terdiri dari para wakil ketua Komisi X yaitu Rully Chairul Azwar, Heri Akhmadi dan Abdul Hakam Naja. Sedangkan anggota Komisi X yang menjadi anggota Panja terdiri dari Gede Pasek Suardika, Rinto Subekti, Theresia E. E. Pardede, Venna Melinda, dan Juhaini Alie dari F-PD.

Tragedi Final Sea Games 2011

Dua suporter Timnas Indonesia tewas setelah terinjak-injak. Hingga saat ini korban masih berada di mobil ambulans di area Stadion Utama Gelora Bung KarnoSenayanJakarta, Senin 21 November 2011. Kedua korban tersebut tewas setelah berdesakkan masuk ke dalam stadion sebelum laga final sepakbola SEA Games XXVI antara Indonesia melawanMalaysia.

Seorang korban berhasil diidentifikasi bernama Reno, warga CililitanJakarta Timur. Korban diperkirakan berusia 20 tahun. Sementara seorang korban lain belum diketahui identitasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s