Cara mengatasi Penyakit Lupa

LUPA . apa sih yang dimaksud dengan LUPA ??? tidak sedikit orang yang selalu mengalami penyakit ini . Semua orang pasti pernah merasakannya, termasuk gue. LUPA adalah penyakit yang sangat menjekelkan untuk sesuatu hal yang sangat penting, tetapi penyakit LUPA juga diperlukan untuk melupakan hal-hal yang menyedihkan atau menyakitkan, agar kita bebas dari hal tersebut.

 

sebelum lebih jauh membahas soal penyakit LUPA, ga ada salahnya kan kalo gue sedikit share cerita gue tentang penyakit LUPA. Waktu itu, gue baru pulang dari rumah kawan gue yang ada di harapan indah. waw, betapa jauhnya rumah kawan gue itu. Tapi itu ga masalah sih buat gue, soalnya gue orang yang paling senang berpergian ketempat jauh-jauh😀 . Waktu itu, gue pulang sendirian, dengan kendaraan bermotor. sepi banget rasanya, lewatin jalan yang begitu panjang seorang diri. hahah😀 #sedihbanget . pas gue lagi asik dalam perjalanan pulang, tiba” pandangan mata gue kosong, dan asik yang namanya dengerin musik, udah gitu yang lebih parahnya lagi, gue LUPA tujuan gue bawa motor ini tuh apa ? dengan bingungnya gue sendiri ga tau, gue mau kemana . waduuhh parah banget deh . disaat waktu yang kaya gini nih yang paling ga gue suka, gue bisa LUPA ama tujuan gue sndiri wktu berkendara.😀 . gua juga gag ngerti sih, ini sebenarnya masuk dalam kategori LUPA atau bukan😀 yang jelas gua lupa, gua tuh mau kemana😀 finally, gua tetap gas nih motor, yang harusnya gua yang bawa motor, malah motor yang bawa gue. *ajaib kan ?😀 . beruntungnya LUPA nya itu ga berlangsung terlalu lama, sekitar 15 menit lah😀 haha . tau gimana caranya gua bisa inget lagi tujuan gua ? gua dapet sms dari temen gua, yang isinya “hati-hati yah del, kalo udh sampe rmh sms gua” . hahah😀 bersyukur banget kawan gue itu sms, jadinya gua bisa inget lagi, meskipun gua semper sdikit nyasar. tapi puji Tuhan gua bisa nyampe juga dirumah , seperti sekarang ini😀 . segitu dulu ceritanya. lanjut lagi ke inti permasalahan🙂

 

Ada istilah bahwa manusia adalah tempatnya salah dan LUPA. Kita tidak bisa menyangkal hal itu. Sedikit apapun, diakui atau tidak kita pasti pernah LUPA. Bahkan mungkin kita sering melakukan hal yang disebut dengan salah atau LUPA .Penyakit LUPA adalah penyakit yang menjangkit semua orang normal. Tapi ada juga yang bilang penyakit lupa adalah anugrah. Bayangkan jika kita tak pernah bisa melupakan kejadian menyakitkan atau menyedihkan. Selalu ada dua sisi berlawanan yang dimiliki oleh sebuah objek, yakni sisi positif / kelebihan dan sisi negatif / kekurangan. Tapi istilah positif negatif sering disalah artikan jadi saya ganti dengan selalu ada dua hal yang kontradiktif tentang objek, dalam hal ini adalah objek lupa.

 

Bahaya Penyakit Lupa

Beberapa hal yang menjadi effect negatif dari penyakit lupa adalah :

  • malu.
  • membuat kita jadi bekerja dua kali lipat karena lupa
  • membuat waktu habis dengan percuma, karna berusah mengingat hal yang dilupakan tersebut
  • belajar/ bekerja jadi tidak fokus karna terlalu sering lupa
  • untuk pelajar seperti gue, lupa mengakibatkan gue LUPA PR, LUPA tugas sekolah, dan LUPA benda” yang harus dibawa kesekolah.
  • menyusahkan orang disekitar. contohnya orang tua gue yang jadi bolak-balik sekolah kalo peralatan/tugas sekolah gue ketinggalan.

 

Tips Mengatasi Lupa

  • Just Do It – Jika kita memiliki pekerjaan, sebaiknya kerjakan sekarang juga. Jangan tunda sampai anda akhirnya lupa.
  • To Do List – Jika tidak memungkinkan untuk melakukan tips pertama, tulislah dalam to do list. Tapi jangan lupa membaca to do list rutin setiap hari. Jangan sampai schedule yang sudah kita tulis tidak dilakukan gara-gara kita lupa membacanya.
  • Write It Everywhere – Kalau ternyata penyakit lupa Anda sudah kronis sehingga lupa membaca to do list, anda harus menyediakan alat tulis dimana saja kapan saja. Dimeja kerja ada agenda, di kamar ada agenda, di dinding rumah pasang whiteboard untuk menulis agenda anda.
  • Manfaatkan teknologi di sekitar Anda – Gunakan PDA atau handphone atau komputer anda untuk menulis agenda anda. Teknologi ini akan memberikan anda alert sesuai dengan agenda yang anda input.
  • Manfaatkan orang lain – Minta tolong orang lain untuk mengingatkan anda pada saat anda harus melakukan tugas Anda.

 

oke! sampe sini dulu pembahasan tentang penyakit LUPA, jangan LUPA buat terapin tips diatas . supaya kita ga lupa lagi, dan tidak menyusahkan diri sendiri apalagi orang lain🙂  next kita bahas topik yang lain lagi yah😉 see u :*

2 thoughts on “Cara mengatasi Penyakit Lupa

    • Adel's World says:

      menurut saya, untuk bisa lebih cepat mengingat dan menyerap kata-kata dalam membaca, biasanya kata-kata yang penting, diberi tanda/warna dengan stabilo . karena mata akan lebih cepat tertarik dengan warna-warna yang terang, sehingga kita akan mudah mengingatnya . dari beberapa artikel dan pengalaman, ada beberapa cara untuk mudah mengingat bacaan mu , seperti : jangan membaca pada waktu pikiran kacau, membaca dengan teratur atau berulang di waktu senggang, konsentrasi, memperhatikan keterangan” yang penting sprti almt, tgl, tmpt, thun, dll. merangkum bagian” penting dgn cara memberi stabilo .

      segitu dulu yah, heheh😉 semoga bermanfaat . okeeyy 🙂 thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s