Ciri-ciri dan cara menghadapi pembohong

Ciri-ciri pembohong:
1. Lihat dan perhatikan dengan seksama bagaimana ia bersikap saat berusaha membohongi kita. Biasanya orang yang tidak terbiasa berbohong, gerak-gerik/ sikapnya agak kaku dan serba salah. Berbeda dengan orang yang sudah terbiasa berbohong, dengan santainya ia bertutur kata.
2. Dengarkan dengan seksama dengarkan rangkaian kata yang diucapkannya. Bagi orang yang bodoh dalam berbohong, alasan yang digunakan biasanya tidak rasional/ kurang masuk akal. Bagi orang yang jarang berbohong, rangkaian kata yang dituturkannya tidak tertata dengan rapi, loncat sana-sini. Sedangkan bagi orang mahir dalam berbohong, biasanya ia memberikan alasan dengan sangat baik dan mendekati sempurna.
3. Kebanyakan para pembohong memberikan banyak alasan, biarpun kita tidak menanggapinya.
Cara mengantisipasi alasan si pembohong:
1. Tanggapilah alasan yang digunakan dalam berbohong tadi dengan pertanyaan-pertanyaan yang terkait, minimal tiga. Pada pertanyaan yang pertama, tanyakan hal-hal yang wajar/ biasa tentang alasannya. Pertanyaan kedua, tanyakan hal-hal lain yang sedikit terkait dengan alasannya. Yang ketiga, tanyakan hal-hal yang menunjukkan bahwa anda seakan-akan tidak percaya.
2. Bersikaplah acuh tak acuh/ cuek saat mendengarkan pembicaraannya, sambil jarang-jarang menanggapinya dengan beberapa kata saja. Maka, biasanya si pembohong akan terus berusaha meyakinkan kita dan semakin lama biasanya alasannya terdengar membosankan.
Adapun cara mengatasi/ solusi agar kita tidak gampang marah saat mengetahui kita dibohongi adalah biasakan bersikap santai dan tenang. Kita juga harus mengenali orang-orang di sekitar kita, siapa-siapa saja yang termasuk dalam kategori orang yang jarang berbohong dan orang yang sering berbohong. Kalau kita berbicara kepada seorang pembohong, biasakan percaya 30-60% saja pada setiap perkataannya, agar nanti ternyata kalau kita dibohongi, kita tidak sampai sakit hati.
Sekian dulu pengalaman dari catatan harianku tentang hakekat kebohongan dan kiat-kiat dalam berbohong, semoga mulai detik ini anda tidak menjadi orang yang gampang dibohongi. Namun, bagi yang membaca artikel ini, jangan digunakan untuk meingkatkan kualitas anda dalam berboong.

5 thoughts on “Ciri-ciri dan cara menghadapi pembohong

  1. molly says:

    bener banget..
    suka kalimat yg ini “Kalau kita berbicara kepada seorang pembohong, biasakan percaya 30-60% saja pada setiap perkataannya, agar nanti ternyata kalau kita dibohongi, kita tidak sampai sakit hati.”

    thanks tipsnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s